Sabtu, 15 April 2017

Panduan Lengkap Dan Gratis Menciptakan Email Dengan Domain Sendiri

Artikel kali ini mengenai cara menciptakan email dengan domain sendiri tanpa biaya alias gratis. Kenapa mempunyai email dengan domain sendiri itu penting? Dengan memakai email dengan domain sendiri akan terlihat lebih profesional terutama untuk keperluan bisnis online. Makara email anda nanti akan menyerupai zakaria@nesabamedia.com.

Disini saya tidak memakai email dari cpanel atau menciptakan email server sendiri alasannya beberapa kasus malah memberatkan resource hosting yang kita gunakan. Dalam tutorial kali ini kita memakai layanan gratis untuk menciptakan email dengan domain sendiri, bukan layanan premium menyerupai Google Apps yang penggunanya diharuskan membayar setiap bulan.

Untuk ukuran perusahaan, mungkin menggunan layanan menyerupai Google Apps sangat disarankan alasannya fiturnya lengkap dan storagenya lebih besar. Tapi kalau yang gratis dengan fitur yang sudah lebih dari cukup dan hanya membutuh beberapa user saja, maka rekomendasi saya jatuh pada layanan email hosting dari Zoho.

Dengan memakai email hosting gratis dari Zoho, kita sanggup menciptakan email dengan domain sendiri, maksimal 25 pengguna dan masing-masing pengguna menerima jatah 5GB storage. Lebih dari cukup, bukan? Berikut ini Panduan Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Lengkap untuk Pemula (100% Gratis):

Cara menciptakan email dengan domain sendiri
1. Pertama, anda harus daftar terlebih dahulu disini.

2. Masukkan email dan password anda. Jika sudah, pilih SIGN UP FOR FREE.
3. Jangan lupa untuk cek inbox email anda, dan klik email verifikasi yang dikirim oleh Zoho.



4. Selanjutnya pilih Mail.
5. Anda akan disuruh memasukkan nomor ponsel untuk keperluan verifikasi. Masukkan nomor ponsel anda yang masih aktif beserta password akun zoho anda. Kemudian pilih Send code.
6. Anda akan mendapatkan sms yang berisi isyarat verifikasi. Masukkan isyarat tersebut, kemudian pilih Verify Code.
7. Nomor ponsel anda berhasil diverifikasi. Pilih Continue untuk melanjutkan.
8. Berhubung kita ingin memakai layanan email hosting gratis, maka silakan pilih LITE dengan cara klik tombol CHOOSE.
9. Masukkan alamat domain anda, kemudian pilih Continue.
10. Disini kita diharuskan untuk melaksanakan verifikasi kepemilikan domain. Pada Select your domain’s DNS Manager (DNS Hosting provider) from the list, pilih Others.
11. Ada tiga metode yang sanggup anda pilih adalah dengan memasukkan CNAME atau TXT record pada registrar daerah anda membeli domain atau sanggup juga mengupload file HTML yang diberikan Zoho. Pada referensi kali ini, saya menentukan memasukkan CNAME record untuk verifikasi kepemilikan domain.

12. Untuk menambahkan CNAME atau TXT record disetiap masing-masing registrar tidak jauh berbeda satu sama lain. Tidak mungkin saya menjelaskannya semua, mulai dari Namecheap, Godaddy, Name, IDWebhost, Rumahweb dan lain sebagainya.


Setting CNAME records di Cloudflare
Domain saya terdaftar di Namecheap, tapi saya perlu mengatur CNAME recordnya ke pengaturan DNS di Cloudflare.

Loh kok bisa? Blog saya memakai CDN dari Cloudflare untuk meringankan kinerja, mempercepat loading situs dan memanajemen trafik pada blog saya. Nah saat kita memakai layanan CDN dari Cloudflare, kita diharuskan mengganti default nameserver dari registrar daerah anda membeli domain menjadi nameserver yang telah diberi oleh Cloudflare.

Makara misalkan anda tidak memakai Cloudflare, anda sanggup pribadi menambahkan CNAME record di hosting (dari Cpanel) atau pribadi dari registrar daerah anda membeli domain.

1. Seperti yang sudah saya jelaskan, saya perlu login di Cloudflare untuk mengatur CNAME recordnya. Kunjungi link berikut ini untuk login.
2. Kemudian pilih DNS menyerupai yang saya beri tanda panah.
3. Masukkan CNAME record menyerupai pada gambar dibawah ini. Jika sudah, pilih Add Record.
4. CNAME record yang sudah ditambahkan tampilannya kurang lebih menyerupai gambar dibawah.
5. Kemudian kembali ke halaman verifikasi kepemilikan domain. Pilih Proceed to CNAME Verification.
6. Jika anda menerima notifikasi menyerupai ini berarti anda sudah berhasil menambahkan CNAME recordnya. Setelah itu, pilih Verify Now untuk melanjutkan.
7. Pada halaman ini, anda sanggup menambahkan pengguna utama yang anda inginkan. Sebagai contoh, saya ingin menciptakan email dengan alamat admin@nesabamedia.com. Maka saya cukup memasukkan admin saja, kemudian pilih Create Account.
8. Pada halaman Add Users, anda sanggup menambahkan pengguna lain, maksimal 25 pengguna. Saya pribadi dua-tiga pengguna saja sudah cukup, jikalau anda ingin menambahkannya, pilih Proceed to Add Users.
9. Masukkan nama, email ID serta password pada kolom yang telah disediakan. Mungkin anda bingung, email yang telah kita buat tadi (admin@nesabamedia.com) kok tidak ada kolom memasukkan password. Untuk password dari email tersebut sama dengan yang anda masukkan waktu awal pendaftaran di Zoho (Langkah nomor 2). Jika sudah tanggapan diisi, pilih OK.
10. Pada halaman Create Groups, anda sanggup menciptakan akun grup di halaman ini. Saya rasa ini tidak begitu penting, jadi saya pilih SKIP.

11. Untuk mendapatkan email, kita harus menambahkan MX Records di hosting atau registrar daerah anda membeli domain. Seperti yang sudah saya jelaskan, berhubung saya memakai Cloudflare, saya juga harus menambahkan MX Records ini di pengaturan DNS Cloudflare.
12. Masih pada halaman DNS di Cloudflare. Masukkan 2 MX records yang dibutuhkan, kemudian pilih Add Records untuk menambahkannya.

13. Jika sudah ditambahkannya, alhasil kurang lebih menyerupai gambar dibawah ini.
14. Kembali ke halaman konfigurasi MX Records tadi, dan pilih MX Lookup untuk memastikan bahwa konfigurasi MX records yang anda masukkan tadi benar.
15. Tunggu beberapa menit, maka anda akan menerima notifikasi menyerupai dibawah ini yang menerangkan bahwa konfigurasi MX Records yang anda masukkan sudah benar. Setelah itu pilih OK, kemudian pilih Next.
16. Untuk mencegah spam email dari pengguna dari layanan email lain dan keperluan autentikasi, anda sanggup menambahkan SPF dan DKIM records. Tambahkan SPF dan DKIM records ini melalui pengaturan DNS di Cloudflare.

Cara menambahkannya sama menyerupai saat anda menambahkan CNAME dan MX records. Berhubung step ini opsional jadi sengaja saya skip. Sampai disini, anda sudah sanggup memakai email dengan domain anda sendiri untuk keperluan mengirim atau mendapatkan email.

Untuk halaman SPF/ DKIM, Email Migration, Mail Client Configuration hingga Mobile Acces sengaja saya skip alasannya termasuk opsional. Anda sanggup mengaturnya sendiri jikalau anda anggap perlu alasannya langkah-langkahnya pun sangat mudah.

Masuk ke inbox email anda
Anda kini sudah mempunyai email dengan domain anda sendiri. Nah untuk login ke inbox email anda, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Klik link berikut ini untuk login ke inbox email anda.

2. Setelah itu, masukkan email dan password email anda.
3. Nah berikut ini merupakan tampilan inbox email anda.
Berikut tampilan inbox email anda

Itulah panduan cara menciptakan email dengan domain sendiri dengan gampang dan gratis. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya  bahwa mempunyai email dengan domain sendiri akan terlihat lebih profesional dan sedikit keren, hehehe.

Misalkan anda menemukan kendala atau ada step yang belum anda mengerti, silakan tanya melalui kotak komentar yang telah disediakan dibawah. Saya akan berusaha menjawabnya sesegera mungkin. Semoga bermanfaat dan hingga jumpa pada artikel berikutnya!

Referensi:
https://www.nesabamedia.com/cara-membuat-email-dengan-domain-sendiri/

Artikel Terkait

Panduan Lengkap Dan Gratis Menciptakan Email Dengan Domain Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email